MK BIOTEKNOLOGI TERNAK
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Fakultas : Pertanian
Program Studi : Peternakan
Mata
kuliah & Kode : Bioteknologi Ternak /
Jumlah SKS : 3
Jumlah SKS : 3
Dosen : Dr. Ir. Eko
Marhaeniyanto, MP.
I.
DESKRIPSI MATA KULIAH
II. STANDAR KOMPETENSI MATA KULIAH
Mata Kuliah Syarat (prasarat untuk
menempuh MK ini)
III. RENCANA KEGIATAN
Tatap Muka ke
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Strategi Perkuliahan
|
Sumber Bahan/ Referensi
|
1
|
Mahasiswa mengetahui lingkup mata kuliah, tugas dan tanggung jawab. |
Pendahuluan
-
Penyampaian
pokok bahasan dan teknik perkuliahan serta penilaian.
|
Ceramah
Diskusi
|
|
2
|
Mahasiswa mengetahui peranan Sel dan Fungsinya |
Ceramah
Diskusi
|
PPT Sel | |
3
|
Mahasiswa mengetahui cara mempertahankan lingkungan internal sel |
Ceramah
Diskusi
|
||
4
|
Mahasiswa mengetahui Sistem Cardio Vascular |
Sistem
Cardio Vasculer
a.
Komponen
seluler dan Kimia Darah
b.
Sistem
Peredaran darah
c.
Nutrisi
Jantung
|
Ceramah
Diskusi
|
|
5
|
Mahasiswa mengetahui Sistem Muscularis |
Sistem
Muscularis
a.
Kerja
Otot Lurik, Otot Polos dan Otot Jantung
b.
Praktikum
Otot Columba livia
c.
Praktikum
Otot Cavia Cobaya
|
Ceramah
Diskusi
Tugas
2
|
PPT Sistem Musculus |
6
|
Mahasiswa mengetahui Sistem Neuron |
Sistem
Neuron
a.
Sel
syaraf dan fungsinya
b.
Otak
dan bagian-bagiannya
c.
Persiapan
Ujian Tengah Semester
|
Ceramah
Diskusi
|
PPT Sistem Syaraf |
7
|
Mahasiswa mengetahui Sistem Endokrin |
Sistem
Endokrin
a.
Hormon
dan fungsinya dari Hipothalamus
Hormon
dan fungsinya dari Hiphopisa
|
Ceramah
Diskusi
Quis
1
|
PPT Sistem Neuro Hormon |
8
|
Ujian Tengah Semester
|
|||
9
|
Mahasiswa mengetahui pentingnya Sistem Respirasi |
Sistem
Respirasi
a.
Sistema
Respirasi
b.
5
Tahapan Respirasi
c.
Kontrol
Respirasi
|
Ceramah
Diskusi
|
|
10
|
Mahasiswa mengetahui pentingnya Sistem Pencernaan Non Ruminansia |
Sistem
Pencernaan Non Ruminansia
a.
Saluran
Pencernaan dan Macam Ternaknya
b.
Ensim
Pencernaan
c.
Praktikum
Saluran Pencernaan
|
Ceramah
Diskusi
Tugas
3
|
PPT Saluran Pencernaan Non Ruminansia dan Pseudoruminansia |
11
|
Mahasiswa mengetahui pentingnya Sistem Pencernaan Ruminansia |
Sistem
Pencernaan Ruminansia
a.
Saluran
Pencernaan dan fungsinya
b.
Optimalisasi
Kondisi Rumen
c.
Macam-macam
Mikroba Rumen
|
Ceramah
Diskusi
|
PPT.Sistem Pencernaan Ruminansia |
12
|
Mahasiswa mengetahui Metabolisme Nutrisi |
Sistem
Pencernaan Ruminansia
d.
Metabolisme
Nutrisi pada Ternak Ruminansia
e.
Komparative
dengan ternak non ruminansia
f.
Praktikum
Saluran Pencernaan Ruminansia
|
Ceramah
Diskusi
Quis
2
|
PPT Proses Pencernaan |
13
|
Mahasiswa mengetahui pentingnya sistem Urinaria |
Sistem
Urinaria
a.
Ginjal
dan Bagian-bagiannya
b.
Fungsi
ginjal dalam proses reabsorbsi dan sekresi
c.
Mekanisme
pengaturan air di tubuh
|
Ceramah
Diskusi
|
|
14
|
Mahasiswa mengetahui Sistem Reproduksi Ternak Jantan |
Sistem
Reproduksi Ternak Jantan
a.
Organ
reproduksi primer dan fungsinya
b.
Organ
Reproduksi sekunder dan fungsinya
c.
Manajemen
Pengaturan reproduksi jantan
d.
Praktek
organ reproduksi jantan
|
Ceramah
Diskusi
|
PPT Reproduksi Ternak Jantan |
15
|
Mahasiswa mengetahui Sistem Reproduksi Ternak Betina |
Sistem
Reproduksi Ternak Betina
a.
Organ
reproduksi primer dan fungsinya
b.
Organ
reproduksi sekunder dan fungsinya
c.
Manajemen
pengaturan reproduksi betina
d.
Praktek
organ reproduksi betina
|
Ceramah
Diskusi
|
PPT Reproduksi Ternak Betina PPT Reproduksi Ternak Lanjutan |
16
|
Ujian Akhir Semester
|
IV. REFERENSI/ SUMBER BAHAN
Buku
Anjuran
|
|
1.
|
Marhaeniyanto, E. 1996. Fisiologi Ternak. Fak.
Pertanian. Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang
|
2.
|
Mattey, J.A.M. 1987. Practikum Manual For Histophysiology.
Fakultas Peternakan UNIBRAW-NUFFIC Malang
|
3.
|
Blakely, J. and D.H. Bade. 1987. Ilmu Peternakan.
Penerjemah B. Srigandono. Gajah Madha. University Press. Yogyakarta.
|
4.
|
Frandson, R.D. dan H. Whitten. 1981. Anatomy and
Physiology of Farm Animal. Third edition. Lea and Febiger. Philadhelphia.
|
Ketentuan Umum :
1 Mahasiswa diharuskan menghadiri 80 persen perkuliahan
2 Mahasiswa diharuskan mengumpulkan tugas tepat waktu, keterlambatan
mengumpulkan tugas dianggap tidak mengumpulkan dengan nilai 50.
3 Mahasiswa dapat memperbaiki nilai UTS hingga mencapai standar nilai minimum
70.
4 Mahasiswa tidak ada kesempatan mengikuti remedial UAS.
5 Nilai Quiz,
Tugas, dihitung rata-rata sesuai dengan jumlah pelaksanaan Quis, Tugas.
6 Nilai
akhir di hitung berdasarkan proporsi semua komponen evaluasi
MERANCANG TUGAS
Tujuan Pemberian Tugas :
1 Agar
mahasiswa mampu memahami peranan sel untuk keberlangsungan produksi ternak.
2 Agar
mahasiswa mampu memahami perbedaan sistem pencernaan
pada berbagai ternak.
3 Agar mahasiswa mampu mengetahui nasib pakan dalam saluran pencernaan ternak.
4 Agar mahasiswa
mampu mengetahui pentingnya system
pernafasan, system peredaran darah, system syaraf, system reproduksi jantan dan betina.
Uraian Tugas :
Buat Tugas secara mandiri
Detail setiap tugas dapat diunduh di blog Blog
Marhaeniyanto EMH di www.marhaeniyanto.blogspot.com
Hasil pekerjaan Tugas dari tiap mahasiswa dalam bentuk
tulisan tangan, sedangkan hasil pekerjaan rangkuman dari tiap mahasiswa ketik dan kumpulkan dalam bentuk
file dan kirim ke email marhaeniyanto@yahoo.co.id
Batas
waktu pengumpulan sesuai jadwal yang telah ditentukan
Kriteria Penilaian Tugas :
- Kesesuaian tugas sesuai
format yang ditetapkan (20%)
- Kesesuaian isi dengan tugas
yang ditetapkan (50%)
- Ketepatan dalam mengumpulkan
tugas (10%)
- Tidak melakukan kecurangan
copy file, atau plagiasi (10%)
- Kerapian dan bentuk laporan
(10%)
V. EVALUASI
No
|
Komponen evaluasi
|
Bobot (%)
|
1.
|
Partisipasi kuliah
|
10%
|
2.
|
Tugas-tugas (3 Kali)
|
20%
|
3.
|
Praktikum
|
20%
|
4.
|
Quis 2
|
10%
|
5.
|
Ujian tengah semester
|
20%
|
6.
|
Ujian Akhir semester
|
20%
|
Jumlah
|
100
|
Kriteria
penilaian
Nilai
|
Range
|
A
|
> 80
|
B+
|
75 – 79
|
B
|
70 – 74
|
C+
|
65 – 69
|
C
|
60 – 64
|
D
|
< 60
|
VI. STRATEGI PERKULIAHAN
Tatap muka
|
Non tatap muka
|
|
1. Tugas
Individu
|
|
2. Tugas
Kelompok
|
|
|
|
Mengetahui Dosen
Ketua Program Studi
Ariani Trisna Murti, SPt. MP. Dr.
Ir. Eko Marhaeniyanto, MP.
0 komentar: