MK-PERANCANGAN PERCOBAAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Fakultas : Pertanian
Program Studi : Peternakan
Mata
kuliah & Kode : PERANC. PERCOBAAN / PTC 4227
Jumlah
SKS : 3
Dosen : Dr. Ir. Eko
Marhaeniyanto, MP.
I.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Maksud dan tujuan perancangan percobaan, Prinsip dasar perancangan
percobaan, sumber-sumber alat dalam percobaan dan teknik-teknik untuk mengatasinya, rancangan perlakuan
sederhana, masalah dalam pengukuran respon percobaan, analisis ragam,
anggapan-anggapan yang melandasi suatu model analisis ragam dan uji-uji
kesesuaiannya, menghitung data yang hilang, Percobaan Faktorial, Rancangan
Petak Terbagi, Analisis Kovarian.
II. STANDAR KOMPETENSI MATA KULIAH
Setelah mahasiswa
selesai mengikuti mata kuliah Perancangan Percobaan diharapkan mahasiswa akan
dapat menyusun rancangan percobaan, menganalisis data dan interprestasi data
penelitian.
Mata Kuliah Syarat (prasarat untuk
menempuh MK ini)
- Dasar Statistika (PTC 3217)
III. RENCANA KEGIATAN
Tatap Muka ke
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Strategi Perkuliahan
|
Sumber Bahan/ Referensi
|
1
|
Mahasiswa mengetahui lingkup
mata kuliah, tugas dan tanggung jawab.
Mahasiswa Mengetahui Prinsip Dasar Percobaan |
Pendahuluan
- Penyampaian Pokok Bahasan
- Teknik Perkuliahan dan Penilaian
|
Ceramah
Diskusi
|
|
2
|
Mahasiswa mengetahui Prinsip Analisis Ragam |
Analisa
Keragaman
a. Total Analisa Keragaman
b. Jumlah Kuadrat
c. Uji Ragam / Uji F.
|
Ceramah
|
|
3
|
Mahasiswa mengetahui Percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap |
Ceramah
Diskusi
Latihan
soal
|
||
4
|
Mahasiswa mengetahui Cara Membandingkan antar Perlakuan, dan mengetahui jumlah perlakuan efektif |
Perbandingan
berderajad bebas tunggal
a. Koefisien Perbandingan Linier
b. Junmlah Kuadrat Pembanding Linier
c. Penyusunan Mutualy Orthogonal
|
Ceramah
Diskusi
Quis 1 |
|
5
|
Mahasiswa mengetahui cara membandingkan perlakuan dengan uji BNT, BNJ atau Duncan N |
Soal
latihan
|
||
6
|
Mahasiswa mengetahui Percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok |
Ceramah
Diskusi
Tugas
2
|
||
7
|
Mahasiswa mengetahui Percobaan dengan data hilang menggunakan Rancangan Acak Kelompok |
Ceramah
Diskusi
|
||
8
|
Ujian Tengah Semester
|
|||
9
|
Mahasiswa mengetahui Percobaan dengan menggunakan Rancangan Bujur Sangkar Latin |
Ceramah
Diskusi
|
||
10
|
Mahasiswa mengetahui menghitung data yang hilang menggunakan Rancangan Bujur Sangkar Latin |
Ceramah
Diskusi
Tugas
3
|
||
11
|
Mahasiswa mengetahui Percobaan Faktorial |
Percobaan
Faktorial
a. Pengertian
b. Pengaruh yang terjadi
- Faktor
- Level
- Pengaruh sederhana
- Pengaruh Utama
- Interaksi
- Faktorial n x m
|
Ceramah
|
|
12
|
Mahasiswa mengetahui Cara menghitung dengan Percobaan Faktorial Rancangan Acak Lengkap |
Percobaan
Faktorial
a. Perhitungan Jumlah Kuadrat
b. Contoh-contoh
- Data Aktual
- Perhitungan-perhitungan
- Pengujian lanjutan sehubungan dengan hasil
- Perhitungan analisa
|
Ceramah
Diskusi
Quis 2
|
|
13
|
Mahasiswa mengetahui Cara menghitung dengan Percobaan Faktorial Rancangan Acak Kelompok |
Percobaan
Faktorial pengujian lanjutan sehubungan dengan hasil Perhitungan Analisa
a. Uji Lanjutan terhadap faktor n
b. Uji lanjutan terhadap faktor m
c. Uji lanjutan terhadap interaksi n x m
|
Ceramah
Diskusi
|
|
14
|
Mahasiswa mengetahui Cara menghitung dengan Percobaan Rancangan Petak Terbagi |
Rancagan
petak terbagi (RPT)
a. Ciri-ciri RPT
b. Model RPT
c. Perlakuan Utama
d. Perlakuan Tambahan
e. Plot Utama Tambahan
f. Penggunaan RPT
|
Ceramah
Diskusi
Tugas 4 |
|
15
|
Mahasiswa mengetahui Cara
menghitung dengan Analisa Kovarian
Rancangan Acak Lengkap |
Analisa
Kovarian dan Contoh
a. Data Aktual
b. Perhitungan-perhitungan
c. Analisa Kovarian
|
Ceramah
Diskusi
|
|
16
|
Ujian Akhir Semester
|
IV. REFERENSI/ SUMBER BAHAN
|
|
1.
|
Principle
and procedural of Statistic (Still and Torrie)
|
2.
|
Sampling
Tecniques Coaching
|
3.
|
Statistical
procedures and Agriculture Research (Gomez and Gomez)
|
4.
|
Perancangan
percobaan (Sastrosupadi)
|
Ketentuan Umum :
1 Mahasiswa diharuskan menghadiri 80 persen perkuliahan
2 Mahasiswa diharuskan mengumpulkan tugas tepat waktu, keterlambatan
mengumpulkan tugas dianggap tidak mengumpulkan dengan nilai 50.
3 Mahasiswa dapat memperbaiki nilai UTS hingga mencapai standar nilai minimum
70.
4 Mahasiswa tidak ada kesempatan mengikuti remedial UAS.
5 Nilai Quiz,
Tugas, dihitung rata-rata sesuai dengan jumlah pelaksanaan Quis, Tugas.
6 Nilai
akhir di hitung berdasarkan proporsi semua komponen evaluasi
MERANCANG TUGAS
PERANCANGAN PERCOBAAN
Tujuan Pemberian
Tugas :
1 Agar
mahasiswa mampu memahami prinsip prinsip penelitian dengan rancangan percobaan
2 Agar mahasiswa mampu mengetahui perbedaan RAL, RAK, RBSL.
3 Agar mahasiswa
mampu mengetahui cara menghitung data
hilang pada Percobaan Acak Kelompok
4 Agar mahasiswa
mampu mengetahui perbedaan
percobaan sederhana dengan percobaan faktorial
Uraian Tugas :
Buat Tugas secara mandiri
Detail setiap tugas dapat diunduh di blog Blog
Marhaeniyanto EMH di www.marhaeniyanto.blogspot.com
Hasil pekerjaan Tugas dari tiap mahasiswa dalam bentuk
tulisan tangan, sedangkan hasil pekerjaan rangkuman dari tiap mahasiswa ketik dan kumpulkan dalam bentuk
file dan kirim ke email marhaeniyanto@yahoo.co.id
Batas
waktu pengumpulan sesuai jadwal yang telah ditentukan
Kriteria Penilaian Tugas :
- Kesesuaian tugas sesuai
format yang ditetapkan (20%)
- Kesesuaian isi dengan tugas
yang ditetapkan (50%)
- Ketepatan dalam mengumpulkan
tugas (10%)
- Tidak melakukan kecurangan
copy file, atau plagiasi (10%)
- Kerapian dan bentuk laporan
(10%)
V. EVALUASI
No
|
Komponen
evaluasi
|
Bobot (%)
|
1
|
Partisipasi kuliah
|
10%
|
2
|
Tugas-tugas (4 Kali)
|
20%
|
3
|
Quis, (2 Kali)
|
15%
|
4
|
Ujian tengah semester
|
25%
|
5
|
Ujian Akhir semester
|
30%
|
Jumlah
|
100
|
Kriteria
penilaian
Nilai
|
Range
|
A
|
> 80
|
B+
|
75 – 79
|
B
|
70 – 74
|
C+
|
65 – 69
|
C
|
60 – 64
|
D
|
< 60
|
VI. STRATEGI PERKULIAHAN
Tatap muka
|
Non tatap muka
|
|
1.
Tugas Individu
|
|
2.
Tugas Kelompok
|
|
|
|
Malang,
12 Maret 2015
Mengetahui Dosen
Ketua Program Studi
Nonok Supartini, SPt. MP. Dr.
Ir. Eko Marhaeniyanto, MP.
0 komentar: