MK MANAJEMEN LINGKUNGAN dan TLT
RENCANA PEMBELAJARAN
SEMESTER
Fakultas :
Pertanian
Program Studi
: Peternakan
Mata kuliah & Kode : Manajemen Lingkungan
dan Tingkah Laku Ternak (PTC 3223)
Jumlah SKS :
2
Dosen :
Dr. Ir. Eko Marhaeniyanto, MP.
I.DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah : Lingkup Lingkungan Ternak,
Kandang dan S anitasi; Iklim (Suhu dan
Kelembaban); Cemaran Lingkungan (Udara SO2, SO3, NO2, NH3, Air, Limbah,
Penyakit
Lingkup Tingkah Laku
Ternak :
Batasan dan pentingnya mempelajari tingkah laku ternak, batasan dan
pentingnya kenyamanan ternak,
Batasan Tingkah Laku Ternak dan Pemanfaatannya, Sistem Tingkah Laku, Tingkah Laku Sosial, Mengetahui Teknologi
Terapan dan Reproduksi.
II. STANDAR KOMPETENSI
MATA KULIAH
Setelah mahasiswa selesai mengikuti mata
kuliah Manajemen Lingkungan dan
Tingkah Laku Ternak diharapkan mahasiswa akan dapat mengenal, memahami, menggambarkan pemanfaatan
lingkungan dan tingkah laku ternak untuk meningkatkan produksi ternak.
- Mengetahui Daerah Kenyamanan Ternak
- Mengetahui teori tentang dampak lingkungan pada ternak
- Mengetahui peranan lingkungan pada ternak
- Mengetahui dampak pencemaran lingkungan
- Modifikasi Lingkungan Ternak untuk meningkatkan produktivitas ternak
- Mengetahui batasan dan pentingnya mempelajari tingkah laku ternak
- Mengetahui batasan dan pentingnya kenyamanan ternak
- Mengetahui Batasan Tingkah Laku Ternak dan Pemanfaatannya
- Mengetahui Sistem Tingkah Laku
- Mengetahui Tingkah Laku Sosial
- Mengetahui Teknologi Terapan dan Reproduksi
Mata
Kuliah Syarat (prasarat untuk menempuh MK ini)
DASAR FISIOLOGI TERNAK
(PTC2315)
III. RENCANA KEGIATAN
Tatap Muka ke
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Strategi Perkuliahan
|
Sumber Bahan/ Referensi
|
1
|
Mengetahui pokok bahasan materi kuliah dan kontrak
kuliah
|
Kontrak Kuliah,
Pendahuluan
|
Pemaparan
Diskusi
|
|
2 |
Mengetahui Daerah Kenyamanan Ternak
|
Kenyamanan Ternak, Hewan
Berdarah Panas, Hewan Berdarah Dingin
|
Pemaparan
Diskusi
|
|
3 |
Mengetahui teori tentang dampak lingkungan pada
ternak
|
Teori tentang Adaptasi
ternak terhadap lingkungan, Pemindahan panas, dan dampak terhadap ternak.
|
Pemaparan
Diskusi
Tugas 1
|
|
4
|
Mengetahui peranan lingkungan pada ternak
|
Faktor Lingkungan :
-Suhu dan Kelembaban
udara
-Sistem Perkandangan |
Pemaparan
Diskusi
|
|
5
|
Mengetahui dampak pencemaran lingkungan pada ternak
|
Pencemaran
- Air
- Udara
- Tanah
- Suara
Cara menanggulangi dampak pencemaran |
Pemaparan
Diskusi
Tugas 2
|
|
6
|
LANJUTAN Mengetahui dampak pencemaran lingkungan pada ternak
|
Pencemaran
- Air
- Udara
- Tanah
- Suara
Cara menanggulangi dampak pencemaran. |
Pemaparan
Diskusi
|
|
7
|
Modifikasi Lingkungan Ternak untuk meningkatkan produktivitas ternak
|
Modifikasi Lingkungan mikro Ternak untuk mengurangi stress pada ternak
Target Ilmu Lingkungan Ternak HCN-Paralisis |
Pemaparan
Tugas kelompok 3 |
|
8
|
Ujian Tengah Semester
|
|||
9
|
Mengetahui batasan dan pentingnya mempelajari tingkah laku
ternak
|
Pengertian Tingkah Laku Ternak
Peranan Mempelajari Tingkah Laku Ternak |
Pemaparan
Diskusi
|
|
10
|
Mengetahui batasan dan pentingnya kenyamanan ternak
|
Kesejahteraan Ternak
Domestikasi Ternak Beberapa Tingkah Laku Ternak |
Pemaparan
Diskusi
Tugas 4 |
|
11
|
Mengetahui Batasan
Tingkah Laku Ternak dan Pemanfaatannya
|
Batasan Tingkah Laku Ternak dan Pemanfaatannya
|
Pemaparan
Diskusi
|
|
12
|
Mengetahui Sistem
Tingkah Laku
|
Tingkah Laku Sosial
|
Pemaparan
Diskusi
|
|
13
|
Mengetahui Tingkah Laku Sosial Ternak
|
Contoh :
Tingkah Laku Ayam |
Pemaparan
Diskusi
Tugas 5 |
|
14
|
Mengetahui Stres mengubah Tingkah Laku Ternak
|
Stres mengubah Tingkah Laku Ternak
|
Pemaparan
Diskusi
|
|
15
|
Mengetahui Teknologi Terapan dan Reproduksi
|
TLT, Teknologi Terapan dan Reproduksi
|
Pemaparan
Diskusi
|
|
16
|
Ujian Akhir Semester
|
IV. REFERENSI/ SUMBER
BAHAN
Ketentuan Umum
:
1
Mahasiswa
diharuskan menghadiri 80 persen perkuliahan
2
Mahasiswa
diharuskan mengumpulkan tugas tepat waktu, keterlambatan mengumpulkan tugas
dianggap tidak mengumpulkan dengan nilai 50.
3
Mahasiswa dapat
memperbaiki nilai UTS hingga mencapai standar nilai minimum 70.
4
Mahasiswa tidak ada
kesempatan mengikuti remedial UAS.
5
Nilai Quiz, Tugas, dihitung rata-rata sesuai dengan jumlah
pelaksanaan Quis, Tugas.
6
Nilai akhir di hitung berdasarkan proporsi semua
komponen evaluasi
Tujuan Pemberian Tugas :
1
Agar
mahasiswa mampu memahami Teori Adaptasi ternak terhadap
lingkungan, Pemindahan panas, dan dampak terhadap ternak.
2
Agar mahasiswa mampu menuliskan Faktor
Lingkungan -Suhu dan Kelembaban udara -Sistem Perkandangan
3
Agar
mahasiswa mampu membedakan Pencemaran Air, Udara, Tanah dan Suara serta cara menanggulangi
dampak pencemaran
4
Agar
mahasiswa mampu menjelaskan Modifikasi Lingkungan mikro
Ternak untuk mengurangi stress pada ternak
5
Agar
mahasiswa mampu menjelaskan Kesejahteraan Ternak Domestikasi Ternak Beberapa Tingkah Laku Ternak
Uraian
Tugas :
1. Buat Tugas secara mandiri
2. Detail setiap tugas dapat diunduh di
blog Blog
Marhaeniyanto EMH di www.marhaeniyanto.blogspot.com
3. Hasil pekerjaan Tugas dari tiap mahasiswa
dalam bentuk tulisan tangan, sedangkan hasil pekerjaan rangkuman dari tiap
mahasiswa ketik
dan kumpulkan dalam bentuk file dan kirim ke email marhaeniyanto@yahoo.co.id
4. Batas waktu pengumpulan sesuai
jadwal yang telah ditentukan
Kriteria
Penilaian Tugas :
|
Penilaian
No
|
Komponen evaluasi
|
Bobot (%)
|
1
|
Partisipasi kuliah
|
10
|
2
|
Tugas-tugas dan
Praktikum 5 kali
|
30
|
3
|
Quis 2 kali
|
10
|
4
|
Ujian Tengah
semester
|
20
|
5
|
Ujian Akhir semester
|
30
|
Jumlah
|
100
|
Kriteria penilaian
Nilai
|
Range
|
A
|
> 80
|
B+
|
75 – 79
|
B
|
70 – 74
|
C+
|
65 – 69
|
C
|
60 – 64
|
D
|
< 60
|
STRATEGI PERKULIAHAN
Tatap
muka
|
Non
tatap muka
|
1. Perkuliahan
tatap muka
2. Diskusi
3. Presentasi
4. Ujian
tengah semester
|
1.
Tugas
individu
2. Tugas
kelompok
|
Terimakasih Bapak
BalasHapustrima kasih bapak sudah memudahkan kami mencari materi
BalasHapus